Jumat, 24 Februari 2012

it's about her

bismillah,
ini tentang seseorang.
yang kemarin baru saja membuatku luarbiasa terharu.
padahal yang dia lakukan kemarin sederhana sekali. 

mungkin apa yang dia lakukan di masa-masa yang lalu sudah banyak yang lebih luarbiasa membantu daripada yang dia lakukan kemarin.
tapi, entah kenapa...yang kemarin dia lakukan, membuatku...
...
pengen nangis...

cuma sekedar...membantu membalas sms dari seorang adik...

karena aku bingung dan gak tau mau ngejawab apa sms dari adikku itu, (mungkin karena otakku sudah terkuras seharian akibat full praktikum), aku kasih saja hpku ke dia, saudariku itu. aku gak ada maksud untuk memintanya membalaskan sms itu, tapi, begitu dia mengembalikan hp padaku, dia bilang 'udah'...

ha???
aku mengecek sent items dan melihat balasan sms yang dia tulis dan kata2nya sesuai dengan yang aku inginkan.

saat itu juga, mataku memanas dan aku mengipas-kipas tangan supaya gak nangis dan untunglah, it works (kalo kagak, malu2in banget dah,)

bersyukur sekali karena dia saudariku.
orang yang pertama kali berkenalan denganku di ipb ini.

kita berdua punya cara berpikir yang aneh, kadang luarbiasa bertolakbelakang, tapi gak jarang juga sama persis. 
diskusi sama dia, enak lah...kita sama2 tahu kapan harus mempertahankan argumen dan kapan harus merelakan salah satu pendapat melebur atau berkolaborasi dengan yang lain.

intinya, dia luarbiasa.
menginspirasi banyak orang.
aku banyak belajar dan mendapatkan motivasi dari dia.
meskipun dia rada lucu dan kadang aneh dan kadang bikin sebel. tapi, dia partner terbaik yang pernah aku miliki sampai saat ini.

lewat tulisan ini, aku mengucapkan jazakillah khoiron katsiraa...untuk banyak hal.
meminta maaf yang sebesar-besarnya atas semua perlakuan yang mungkin menyakiti hatimu, atas semua kerepotan yang aku sebabkan, dan hal-hal lain yang mungkin kurang berkenan.

i'll always love you, my sister...(oke...jujur, rada2 gimana ya, kata2 ini) tapi,
karena Allah aku ketemu sama kamu, ana uhibbuki fillah, dan semoga Allah akan mempertemukan kita di surgaNya nanti.
 
special for,
yang lahir tepat seminggu sebelum aku dilahirkan. 

sebenarnya, totally wrong kalo ada beberapa orang yang bilang; kita mirip?!

Senin, 06 Februari 2012

Pasta

Bismillah,

Hmm, dari kemarin lagi pengen makan spaghetti, yeah, makanan yang Italia banget. Salah satu keluarga pasta, terus search deh tentang pasta dan dapat linknya yang cukup oke, dan mendapati ternyata banyak banget bentuk-bentuk pasta, spaghetti become one of those, wuih dan ternyata ada asosiasi pasta nasional juga.
buat yang pengen liat2 lebih lanjut soal bentuk2 pasta, bisa langsung berkunjung ke Pasta Shapes .

Jadi, mau ngebahas beberapa keluarga pasta yang familiar,

the first one is, 

)( Fusilli

fusilli merupakan salah satu jenis pasta yang bentuknya keriting2 or spiral. Fusilli dalam bahasa Italia artinya 'twists'. Olahan dari fusilli, bisa dimasukkan ke dalam sup, direbus terus disiram dengan saus, maupun diolah jadi casserole.


kalo jaman aku SMA dulu, ada nih, makanan yang dipanggilnya fusilli juga, tapi, dibikin kering gitu dan rasanya super pedes. Kalo pas jam istirahat atau nyuri2 pas izin ke kamar mandi, aku dan temen2 se-genk beli itu jajanan di koperasi dan kita makan pas pelajaran yang bikin ngantuk, hasilnya, kita berempat, melek dan gak ngantuk tapi, kepedesan gak jelas.

baked pepperoni cheese fusilli

  )( Conchiglioni = Jumbo Shells




kalo liat sekilas, pasti bakal dibilang makaroni keong, hehe. Tapi, definisi sebenarnya dari Jumbo Shells adalah pasta yang berbentuk kerang raksasa, biasanya diisi then dipanggang. Nih ya, saran buat olahannya adalah dimasak setengah matang terus diisi pake keju, daging, sayuran, dan dikasih saus terus dipanggang sampai matang. 


)( Macaroni


this pasta, mungkin jadi yang paling familiar ya, bentuknya tabung silinder gitu. Biasanya dimasukkan di sayur sop. ato yang akhir2 ini lagi rame, macaroni panggang and macaroni schotel. ato kalo ngikutin maunya anak2 kecil, macam sepupuku, dia paling suka macaroni digoreng dan dimakan pake saus.

this one is macaroni schotel
)( Lasagna

wuah...kalo pasta yang satu ini, bentuknya lembaran. dan, kalo buat garfield si kucing yang super gendut itu, this one is his favorite food. 
Lasagna yang bentuknya lembaran2 gitu, direbus dulu, then disusun yang isinya biasanya daging dan keju. Umumnya, lasagna disusun tujuh lapis.

let's cook!
Katanya sih, lasagna itu classic dish gitu dia Italia sono.

Dulu waktu SMA juga, salah satu temenku, ada yang maniak banget makan lasagna, kalo aku mau main ke rumahnya pasti diiming-imingi bakal dimasakin lasagna ato kalo mau makan di luar bareng, ngajakinnya juga makan lasagna. 

chicken roasted red pepper feta lasagna
)( Ravioli

kalo pasta yang ini, aku pertama kali denger waktu main games cooking academy, salah satu menunya adalah this ravioli one.


Bentuknya kotak, terbuat dari dua lembar pasta yang ditumpuk dan sudah ada isinya, biasanya daging, keju, jamur, dll.
Eh, tapi, ada juga yang bentuknya segitiga.



)( Spaghetti

Yeah, ini pasta yang katanya America's favorite shape. Tau kan ya, bentuknya kayak lidi-lidi panjang gitu. Kalo aku bikin, biasanya, direbus terus disiram pake saus. kalo adekku, suka ditambah keju, tapi, aku gak begitu suka.


Meskipun spaghetti ini terkenal dengan aldente nya yang bikin makanan ini so Italia, ternyata, pembuatan spaghetti terinspirasi dari pembuatan mi gandum dari Cina.

-end-


Kamis, 02 Februari 2012

The Way Home

Bismillah,


Ini film yang sederhana, menurutku.
awalnya sederhana, tengahnya sederhana, dan akhirnya pun sederhana.
Tapi, bikin aku terharu and finally, nangis.



Pemerannya adalah Yoo Seung Ho yang masih 9 tahun. Hm, kecilnya aja udah cakep gitu dan aktingnya...oke banget.

Film ini bercerita tentang Sang Woo (diperankan oleh uri YSH), bocah kecil yang rada2 tengil. Dia dititipkan pada neneknya yang tinggal seorang diri di desa di kaki gunung oleh sang ibu. Ibunya yang udah single parent menitipkan Sang Woo karena dia harus mencari pekerjaan di Seoul.

Nenek pun menerima Sang Woo dengan tangan terbuka. Berbeda dengan Sang Woo yang karena lahir di Seoul, belagunya minta ampun sama nenek...
Sesaat setelah ibunya pergi, Sang Woo ngatain neneknya 'orang terbelakang' , 'orang tuli terbelakang', macem2 dah ejekan Sang Woo.
Karena nenek bisu, dikatain begitu oleh Sang Woo beliau cuma memandangi cucunya saja.

Lucu banget ngelihat tingkah Sang Woo yang sok berani ngata2in neneknya, tapi, kalau nenek udah memandanginya, dia langsung menunduk takut.

Terharu melihat nenek yang meskipun gak punya uang, tapi, tetap berusaha menyenangkan cucunya. Beliau bela-belain pergi ke pasar desa, kehujanan, demi masakin ayam buat Sang Woo. Tapi, dasar Sang Woo tengil, ceritanya dia pengennya makan kentucky chicken, tapi, nenek cuma bisa masakin ayam yang direbus gitu. Alhasil, Sang Woo ngambek terus ketiduran. 
Haha. Tapi, karena kelaparan saat malam hari, disantap abis juga tuh ayam rebus.

Lalu, suatu saat Sang Woo ketemu temen main cewek di sekitar rumah nenek, ceritanya mereka berdua mau ketemuan untuk bertukar mainan. Ckckck..kecil2 udah ganjen juga nih Sang Woo, dia pun minta tolong pada nenek untuk memotong rambutnya yang udah panjang.

Tapi, sayangnya, hasil potongan rambut Sang Woo tidak seperti yang diharapkan (haha.jelas lah, orang nenek motong rambutnya model cetakan baskom gitu :D), Sang Woo pun marah lagi ke nenek dan nangis.


Sang Woo yang lumayan cerdik gak kehabisan ide. Dia pun menggunakan kain untuk menutupi rambutnya yang kocak abis.




Sebenarnya Sang Woo gak bandel2 amat sih...Tengilnya, khas bocah banget. dan dia sebenarnya juga baik. 
Saat itu, dia berdua ke pasar bareng nenek. Pas mau pulang, Sang Woo ngelihat anak kecil di angkot yang mau mereka naiki sedang makan snack gitu, nenek pun memberi isyarat ke Sang Woo tanya si Sang Woo mau makan apa, dan sama Sang Woo dijawab kalo dia pengen makan choco pie. 
Nenek yang hendak mengunjungi temannya dulu, mengambil bungkus choco pie yang dibuang oleh anak kecil itu dan dibawa ke rumah teman nenek.

Sampai di rumah teman nenek, mereka pun bercengkrama khas nenek2, tanya kabar, tanya kondisi kesehatan masing2 dan teman si nenek minta maaf karena gak bisa mengunjungi nenek disebabkan oleh lututnya yang sakit. Ada kalimat yang cukup menusuk yang diucapkan oleh teman nenek, dia berpesan pada nenek, agar mereka harus saling silaturrahmi (saling mengunjungi), sebelum salah satu dari mereka meninggal. Hua...
Sebelum nenek pergi, beliau memberikan bungkus choco pie yang dibawanya, itu isyarat kalo nenek mau beli jajanan itu, dan teman si nenek dengan baik hati memberikan banyak choco pie ke nenek secara free alias gratis.
Nenek yang kembali ke angkot disambut Sang Woo yang asyik main sama teman barunya. Dia bilang kalau mau pulang bareng temen2 barunya.

Then, Sang Woo pun nyampe lebih dulu di pemberhentian angkot dekat rumah nenek, dia nunggu nenek yang naik angkot selanjutnya, 
tapi, sampai angkot terakhir tiba nenek belum juga muncul. Sang Woo mulai khawatir.
Ternyata setelah angkot terakhir tiba2 muncullah nenek yang jalan dari pasar hingga pemberhentian angkot itu, tertatih-tatih dengan tongkatnya. Hua...sepertinya beliau kehabisan uang karena saat di pasar beliau membelikan sepatu baru buat Sang Woo dan membiarkan cucunya itu makan mi hitam sementara beliau cuma minum air putih, T.T

Sang Woo yang terharu dengan apa yang dilakukan neneknya, membawakan buntalan nenek dan Sang Woo yang baik hati menyelipkan choco pie terakhir yang dia punya di buntalan nenek.


Akhir cerita ini sederhana, Sang Woo dijemput ibunya yang sudah punya pekerjaan. 
Tapi, yang mengharukan adalah sebelum pulang, dia mengajari neneknya untuk menulis, agar mereka bisa saling mengirim surat.
Sang Woo juga menyediakan jarum yang sudah disambung dengan benang banyak sekali, karena selama Sang Woo tinggal bersama nenek, beliau terus menerus minta tolong ke Sang Woo untuk menyambungkan jarum ke benang, 
So sweet banget deh ni bocah,

Okey, then saat Sang Woo udah mau berangkat menuju kota, dia pura2 cuek pada nenek dengan menolak untuk ngasih salam dan langsung ngacir ke dalam angkot.
Tapi, saat angkotnya udah jalan, Sang Woo lari ke bangku paling belakang buat ngelihat nenek lagi, dia ngasih isyarat ke nenek yang aku kurang tahu artinya, kayaknya sih I love you gitu, 

Hua...aku gak bisa gak nangis nonton film ini.
Film yang simple tapi, keren banget.

and, here he is -uri Yoo Seung Ho- in 2012

This entry was posted in