3 Days

0


Bismillah.


Tentang K-drama yang lagi in dan ongoing tayang di Korea Selatan sana tiap hari Rabu-Kamis. Judulnya “3 Days”, rame karena yang membintangi adalah aktor Korea Selatan yang terkenal, Micky Yoo Chun, mantan personil nya DBSK yang sekarang tergabung dalam boyband JYJ dan udah main beberapa drama yang nge-hits banget di masa lalu. Drama ini kabarnya terinspirasi dari salah satu serial terkenal Hollywood.



“3 Days” bercerita tentang seorang agen pasukan khusus pengawal presiden Korea Selatan bernama Han Tae Kyung yang ayahnya meninggal dunia saat dia sedang bertugas melindungi presiden. Presiden yang diyakini olehnya sebagai pemimpin yang baik yang ternyata tersangkut kasus kemanusiaan penuh intrik yang berhubungan dengan penyebab kematian ayahnya.


Karena drama ini masih ongoing di Korea Selatan sana dan pekan ini baru mencapai episode 9-10, masih abu-abu banget jalan ceritanya. Hanya saja, IMO, drama yang dibilang banyak review-ers drama Korea Selatan sebagai drama yang suram dan serius, buat saya, menarik dan keren. Hehe.


Melalui drama ini, sutradara dan penulis naskahnya, membeberkan kondisi perpolitikan negaranya, yang sebenarnya relevan juga kalau dianalogikan dengan kondisi di Indonesia sekarang ini. Kondisi politik yang digambarkan kotor dan memuakkan, padahal sebenarnya bukan politik yang kotor, tapi, pelaku politik yang terlalu serakah dengan ambisi pribadi dan lupa dengan tanggung jawabnya sebagai orang yang berkuasa. Tentang kaum borjuis yang melakukan segala cara untuk melanggengkan kekuasaan dan kekayaan. Tentang seorang pemimpin yang berusaha memperbaiki kesalahan dan kondisi negaranya tanpa mau bergantung dan diperbudak oleh pihak atau negara lain. Dan tentang loyalitas seseorang dalam menjalankan tugasnya untuk mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi.


Sampai episode 8, drama ini buat saya benar-benar seru dan menegangkan. Kilas balik sejarahnya membuat saya berdecak kagum sekaligus heran. Peristiwa zaman dahulu kala itu memang sudah disetting sedemikian rupa untuk kepentingan orang-orang tertentu dan kadang impact nya di masa depan tidak tertebak.

Oke, drama ini kabarnya cuma 20 episode saja. Tapi, karena drama ini cuma menceritakan beberapa hari kejadian saja. Alur ceritanya cenderung lambat. Tapi, saya sih belum bosen, hehe.

Karena sampai episode yang saya tonton, kebenaran-kebenaran yang tadinya sudah mau terungkap, malah sepertinya bakal diputer-puter lagi. Hhh.
Sudah penasaran aja sih sama akhir episodenya, haha. Penasaran sama apa yang sebenarnya terjadi pada kasus Yang Jinri, apakah presiden memang sepenuhnya seorang bad guy (tapi, kayaknya nggak sih ^^v, cuma jadi penasaran hubungan presiden sama Falcon serta Falcon dan Kim Do Jin, hehe.), siapa sebenarnya dalang dari rentetan kasus yang terjadi didalam pemerintahan presiden (Karena sedikit banyak dokumen 98 sudah terungkap, memang sepertinya dalang kasus itu ya, kalangan borjuis yang diwakili oleh Kim Do Jin (ckckck. kenapa cast nya harus bapaknya sih Min Hyuk di Heirs sih -_-") dan tentu saja tentang Micky Yoo Chun alias Han Tae Kyung, apakah kerja keras dia selama sekitar 3 hari itu akan berhasil mengungkapkan soal kematian ayahnya dan dia beneran akan bangga dengan apa yang selama ini diperjuangkan ayahnya >.<


Beberapa hal yang bisa saya tebak, kasus Yang Jinri itu memang kelalaian presiden karena terlalu percaya dengan ‘musuh’, namun setelah kasus itu, presiden bangkit untuk terbebas dari ‘perbudakan’ negara lain dengan mencoba menguatkan ekonomi Korea Selatan. Karena itulah dia terlihat ‘membesarkan perusahaan-perusahaannya’ yang dia lakukan karena sadar bahwa Korea Selatan bisa mandiri dengan ekonomi yang kuat. Rentetan kasus yang terjadi itu memang untuk menggoyahkan posisi presiden dan mau tidak mau presiden memang harus mengungkapkan yang sebenarnya meskipun itu juga harus menguak kesalahan-kesalahannya di masa lalu dan Han Tae Kyung akhirnya menemukan kebenaran bahwa presiden dan ayahnya adalah orang-orang yang ‘terlihat jahat’ dari luar padahal yang mereka lakukan adalah untuk kebaikan banyak orang.  Haha. Ini tebakan yang berasal dari imajinasi saya, entah berapa % fakta yang berdasarkan pengamatan dari adegan yang sudah tayang, hehe ^^v


Hahahaha, tebakan saya terlihat sekali memihak presiden dan ayah Tae Kyung ya...tapi, entah kenapa, memang saya merasa seperti itu ^^v


Intinya, lewat drama ini, saya sadar bahwa kekuasaan, somehow perlu kita dapatkan dalam konteks menyebarkan kebaikan. Kekuasaan yang bukan tiran.


Dan dalam suasana menjelang pemilu ini, saya jadi sadar kewajiban orang yang bukan apa-apa seperti saya ini untuk ‘sedikit repot’ mencari-cari informasi tentang orang-orang berkapasitas dan berkualitas baik untuk dapat menyuarakan dan membuat kondisi negara ini menjadi lebih baik. Haha. Syarat klasikal...Tapi, ya, mari kita baca trek rekord masing-masing partai atau buat partai-partai yang masuk dalam golongan newbie, mari kita baca trek rekord founding father nya...Kita cari lah yang paling minimal menimbulkan kerugian dan paling maksimal menimbulkan kebaikan. Tapi, entah kenapa suka susah ya, nyari prestasi partai-partai itu, yang dieksploitasi yang buruk-buruknya terus kali ya -_-" Okelah, yang penting kita berusaha untuk mencari jalan demi kebijakan-kebijakan yang terbaik lima tahun ke depan.
  

Han Tae Kyung (si Yoo Chun kenapa suram begitu yak ekspresinya -_-"), Presiden, Yoon Bo Won, Cha Young, Sekretarisnya presiden, Bossnya Han Tae Kyung, Kim Do Jin

Oke, beberapa hari ke depan sepertinya akan menegangkan dan seru. Mari kita tunggu saja. 


Sekian.

0 comments:

Posting Komentar