Zakkel Baby Carriers: Review Gendongan

3

Gendongan lokal rasa internasional. Kalau boleh saya akan menyebut gendongan model ssc asal kota Bandung ini setinggi itu. Karena memang nilai plus nomer satu dari gendongan ini adalah bahan yang luar biasa adem dan halus, katanya sih mirip-mirip dengan gendongan terkenal asal US, tula baby carriers. Kabarnya pula zakkel memakai bahan-bahan impor yang membuat harganya paling tinggi diantara gendongan-gendongan model ssc lokal lainnya.

Buat saya pun, saat ini zakkel menjadi gendongan model ssc paling nyaman.

Selain bahan kainnya yang adem dan halus, serta bagian shoulder pad yang empuk, yang jadi favorit saya adalah bantalan di bagian tempat paha bayi. Bantalan ini bisa melindungi paha bayi agar nggak memerah karena tergesek saat berada di gendongan. Buat saya sih itu penting untuk menambah kenyamanan bayi.

Hal lain yang bikin saya suka dengan zakkel ini adalah motifnya yang classy. Cantik, gaya, tapi tetap cocok untuk jadi baby stuff. Kombinasi yang apik yang jarang saya temukan di gendongan model ssc lokal lainnya. Kalau gendongan impor jangan tanya ya. Motif-motif gendongan impor udah jauh kelasnya.

Buat ibu-ibu yang sering keluar rumah, tapi nggak mau ribet bawa-bawa tas kecil atau dompet, zakkel ini menyediakan pocket kecil di bawah body panel. Awalnya saya sering kesulitan untuk mengakses pocket ini. Lalu saya pun konsul ke admin zakkel (atau mungkin ownernya) tentang masalah ini. Solusinya adalah meletakkan anak di bagian tengah body panel. Jadi agak ke atas supaya nggak terlalu menutup bagian tengah waistpad, tempat pocket berada. Kalau pendapat pribadi saya sih, sepertinya akan lebih nyaman dan lebih mudah diakses kalau pocket diletakkan di bagian samping waistpad. Tapi, ini agak-agak nyontek model gendongan soul anoona sih.

Berikutnya soal hoodie. Zakkel ini punya hoodie yang lain daripada yang lain. Zakkel aja nih yang hoodienya model hoodie jaket. Bagus dan keren sih sebenarnya. Tetapi, setelah memakai zakkel selama sebulan, menurut saya sih lebih nyaman kalau model hoodienya seperti gendongan ssc kebanyakan, memakai snap dan hoodienya nggak berbentuk kupluk.

Zakkel ini sebenarnya diperuntukkan bayi usia 6 bulan dengan berat badan bayi minimal 7 kg. Anak saya mulai pakai zakkel sejak usia 5 bulan dengan bb sekitar 6 kg. Alhamdulillah nggak tenggelam dan nyaman. Mungkin karena zakkel ini body panelnya nggak terlalu tinggi dan nggak terlalu lebar juga.

Soal safety, insya Allah aman ya. Di bagian waistpad buckle pengamannya pakai lock yang harus dibuka dengan dua tangan. Susah deh kalau coba buka pakai satu tangan. Kalau di penjelasan produk, bucklenya ini pakai 'Duraflex Buckle with Double Lock System'. Tapi, kalau buckle untuk chest strap, nggak pake double lock system. Jadi, mudah saja kalau mau ngebuka pake satu tangan. Nggak kebayang kalau harus buka pake dua tangan repotnya. Meskipun lebih safe, tapi dengan lock yang sekarang, saya pikir buckle chest strapnya sudah lebih dari cukup.

Dulu sebelum nyobain zakkel, saya pernah nyobain gendongan lokal lain yang agak susah buat ngatur tali atau strapnya. Tapi, kalau zakkel mah easy to adjust pisan. Mudah diatur, tapi tetep kenceng gitu.

Kekurangan yang saya rasakan saat pakai zakkel nggak banyak sih. Lebih banyak plusnya kok.

Pertama, entah mengapa kain zakkel ini suka gampang banget ditempelin macam debu-debu gitu. Kalau kata suami sih karena warna motif yang saya pakai ini hitam.

Kedua, saya kok ngerasanya kurang nyaman di bagian waistpad ya. Saya curiga sih bukan salah zakkelnya, tapi salah saya yang sepertinya belum jago menempatkan waistpad.

Ketiga, soal hoodie yang sudah saya jelaskan di atas.

Overall untuk harga segitu, zakkel ini sangat worth it.

Oh ya, sekadar info, saya nih belum punya zakkel sebenarnya. Bisa ngerasain zakkel karena boleh nyewa di toko gendongan punya mbak Mel yang ramah dan helpful banget. Sewa sebulan 100 rb dengan uang deposit 200 rb. Boleh dicari infonya di IG @tokogendongan.

Segitu dulu review saya soal zakkel.

Boleh banget kalau ada yang mau nambahin atau sharing juga soal zakkel atau gendongan lainnya.

Semoga bermanfaat.