SOCIAL MEDIA

Senin, 06 Februari 2012

Pasta

Bismillah,

Hmm, dari kemarin lagi pengen makan spaghetti, yeah, makanan yang Italia banget. Salah satu keluarga pasta, terus search deh tentang pasta dan dapat linknya yang cukup oke, dan mendapati ternyata banyak banget bentuk-bentuk pasta, spaghetti become one of those, wuih dan ternyata ada asosiasi pasta nasional juga.
buat yang pengen liat2 lebih lanjut soal bentuk2 pasta, bisa langsung berkunjung ke Pasta Shapes .

Jadi, mau ngebahas beberapa keluarga pasta yang familiar,

the first one is, 

)( Fusilli

fusilli merupakan salah satu jenis pasta yang bentuknya keriting2 or spiral. Fusilli dalam bahasa Italia artinya 'twists'. Olahan dari fusilli, bisa dimasukkan ke dalam sup, direbus terus disiram dengan saus, maupun diolah jadi casserole.


kalo jaman aku SMA dulu, ada nih, makanan yang dipanggilnya fusilli juga, tapi, dibikin kering gitu dan rasanya super pedes. Kalo pas jam istirahat atau nyuri2 pas izin ke kamar mandi, aku dan temen2 se-genk beli itu jajanan di koperasi dan kita makan pas pelajaran yang bikin ngantuk, hasilnya, kita berempat, melek dan gak ngantuk tapi, kepedesan gak jelas.

baked pepperoni cheese fusilli

  )( Conchiglioni = Jumbo Shells




kalo liat sekilas, pasti bakal dibilang makaroni keong, hehe. Tapi, definisi sebenarnya dari Jumbo Shells adalah pasta yang berbentuk kerang raksasa, biasanya diisi then dipanggang. Nih ya, saran buat olahannya adalah dimasak setengah matang terus diisi pake keju, daging, sayuran, dan dikasih saus terus dipanggang sampai matang. 


)( Macaroni


this pasta, mungkin jadi yang paling familiar ya, bentuknya tabung silinder gitu. Biasanya dimasukkan di sayur sop. ato yang akhir2 ini lagi rame, macaroni panggang and macaroni schotel. ato kalo ngikutin maunya anak2 kecil, macam sepupuku, dia paling suka macaroni digoreng dan dimakan pake saus.

this one is macaroni schotel
)( Lasagna

wuah...kalo pasta yang satu ini, bentuknya lembaran. dan, kalo buat garfield si kucing yang super gendut itu, this one is his favorite food. 
Lasagna yang bentuknya lembaran2 gitu, direbus dulu, then disusun yang isinya biasanya daging dan keju. Umumnya, lasagna disusun tujuh lapis.

let's cook!
Katanya sih, lasagna itu classic dish gitu dia Italia sono.

Dulu waktu SMA juga, salah satu temenku, ada yang maniak banget makan lasagna, kalo aku mau main ke rumahnya pasti diiming-imingi bakal dimasakin lasagna ato kalo mau makan di luar bareng, ngajakinnya juga makan lasagna. 

chicken roasted red pepper feta lasagna
)( Ravioli

kalo pasta yang ini, aku pertama kali denger waktu main games cooking academy, salah satu menunya adalah this ravioli one.


Bentuknya kotak, terbuat dari dua lembar pasta yang ditumpuk dan sudah ada isinya, biasanya daging, keju, jamur, dll.
Eh, tapi, ada juga yang bentuknya segitiga.



)( Spaghetti

Yeah, ini pasta yang katanya America's favorite shape. Tau kan ya, bentuknya kayak lidi-lidi panjang gitu. Kalo aku bikin, biasanya, direbus terus disiram pake saus. kalo adekku, suka ditambah keju, tapi, aku gak begitu suka.


Meskipun spaghetti ini terkenal dengan aldente nya yang bikin makanan ini so Italia, ternyata, pembuatan spaghetti terinspirasi dari pembuatan mi gandum dari Cina.

-end-


Tidak ada komentar :

Posting Komentar