Rekomendasi Restoran Ramah Anak di Bandar Lampung

2


Wisata kuliner itu buat saya salah satu hal yang mengasyikkan untuk dilakukan. Nggak cuma sekadar icip-icip, makan selain masakan rumah bisa menambah khazanah dan wawasan. Hahaha. Apalagi saat Ncik (nama panggilan anak saya) sudah lewat usia 12 bulan, saat udah boleh makan seperti yang saya dan suami konsumsi. Ya, asal nggak berlebihan aja.

Nah, berhubung wisata kulinernya nggak cuma dua orang dewasa saja, ada satu hal yang penting banget jadi pertimbangan saat memilih tempat makan.

Yep, adanya baby chair atau high chair atau kursi bayi. Itu jadi pertimbangan banget saat berkunjung di tempat makan atau restoran tertentu. Buat buibu yang tinggal di Bandar Lampung dan sekitarnya, mungkin beberapa check list dari saya berikut ini bisa jadi rekomendasi untuk dikunjungi bersama si kecil.


Plate O

Menu yang disediakan di plate O adalah menu-menu yang disajikan di atas hot plate. Jadi, karena panas pol, harus hati-hati saat makan bersama si kecil. Meskipun di plate O menyediakan baby chair, soal pilihan menu yang ada, saya prefer membawa bekal khusus untuk anak saya.
Lokasi: Lantai 1 Transmart Bandar Lampung

Samwon Express

Kalau mau makan yang ala-ala grill bisa mampir kesini. Tersedia baby chair, tapi saya rada ngeri kalau mau pesen menu yang grill saat bersama si kecil. Kalau kata suami, rasa masakan Koreanya udah sangat Indonesia. Menu yang bisa dimakan bocah juga tersedia.
Lokasi: Mall Bumi Kedaton (MBK) Lantai GF-1, Jalan Teuku Umar, Kedaton, Kota Bandar Lampung

Nemenin tantenya Ncik nyobain makanan ke-Korea-an


Umme Teppanyaki Chandra Antasari

Mirip-mirip dengan plate O, di Umme Teppanyaki pun beberapa menunya disediakan di atas hot plate dalam kondisi panas. Tapi, tenang, ada menu ala-ala bento yang bisa dimakan si kecil. Letak Umme Teppanyaki di Chandra Antasari ini agak mirip suasana outdoor meskipun letaknya masih di dalam gedung. Jumlah baby chair yang ada saat saya berkunjung seingat saya hanya ada satu.
Lokasi: Inside Chandra Superstore, Jl. P. Antasari No.114, Jagabaya III, Way Halim, Bandar Lampung

Mie Ayam Koga

Mie ayam legendaris di wilayah Lampung ini menyediakan baby chair. Meskipun nggak banyak, tapi lumayan lah buat kita-kita yang pengen merasakan makan mie hangat-hangat. Nggak cuma menyediakan menu mie saja, menu-menu Chinese food seperti bihun, kwetiauw, capcay, dan sejenisnya juga tersedia. Buibu harap bersabar dan maklum saat menunggu beberapa menu yang disajikan dalam waktu yang sangat lama dan saat ruangan mulai terasa 'sumuk' meskipun ber-AC.
Lokasi: Jl. Teuku Umar No.48, Surabaya, Kedaton, Kota Bandar Lampung

Uncle K

Lokasinya di dalam Mall Boemi Kedaton (MBK), di dekat pintu masuk yang ada Chatimenya. Meskipun mungkin rada nggak nyaman karena banyak orang lalu-lalang dari pintu masuk, tapi Uncle K menjadi alternatif saat tempat makan di MBK penuh semua. LOL. Lumayan lah pilihan menunya bukan yang melulu pedes.  
Lokasi: Pintu Utama Mall Boemi Kedaton

Bakso Lapangan Tembak Senayan

Seingat saya disini jumlah baby chairnya hanya ada dua atau tiga unit. Tapi, restoran ini menurut saya termasuk yang ramai dikunjungi orangtua yang membawa anak. Ya, kalau nggak kebagian baby chair, si kecil bisa anteng di atas stroller. Yes, the power of the stroller! Menunya standar, variatif, dan memang sangat ramah di lidah keluarga Indonesia.
Lokasi: Lantai 1 Mall Boemi Kedaton

Kinar Resto

Resto keluarga satu ini memang menyediakan high chair untuk bayi, menunya pun bisa lah dimakan sekeluarga termasuk si kecil. Cuma menurut saya tempatnya yang ada kawasan kolam renang serta tangga yang cukup bahaya buat anak, membuat kita harus benar-benar memperhatikan si kecil apalagi kalau mereka lari-larian di area resto. 
Lokasi:  Jl. H. Agus Salim, Sukadana Ham, Tj. Karang Barat, Kota Bandar Lampung

Shabu Kitchen Onago

Lokasi yang ada di MBK rada nyempil, meskipun nggak terlalu susah untuk dicari. Ikutin aja dari depan Chatime, ke kiri lurus mentok. Kalau lokasi yang di Transmart gampang banget ditemukan. Keduanya sama-sama menyediakan baby chair dalam jumlah yang cukup, karena pas saya kesana alhamdulillah pramusaji nggak yang sampe harus nyari-nyari. Menunya pun kids friendly, meskipun harus selektif pilih tekstur menu yang nggak bikin 'kelolodan' anak bayi. Jangan keliru dengan Shabu Kitchen yang di lantai 1 MBK, bedanya dengan Shabu Kitchen Onago adalah menu yang menurut saya lebih premium alias lebih mahal. LOL. Tapi, sepertinya Shabu Kitchen pun juga menyediakan baby chair.
Lokasi: Ground Floor Mall Boemi Kedaton dan Lantai 1 Transmart Bandar Lampung

Sushi Okage

Pertama kali kesini rada nyari-nyari karena tempatnya lumayan nyempil. Begitu naik eskalator, silakan berbelok kiri ke arah Timezone dan lurus mentok. Tempatnya di ujung dan nggak terlalu luas. Tapi, dapet banget suasana khas Jepang. Baby chairnya pun lucu dari bahan kayu gitu. Ada dua bagian tempat makan, yang ala-ala resto Jepang dengan mesin sushi berputar dan yang biasa aja. Sushi disini enak, apalagi salmonnya, seger.
Lokasi: Lantai 2 Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung

Hokben

Restoran waralaba ala Jepang dengan rasa yang sangat Indonesia ini, baru dibuka September lalu di Bandar Lampung. Meskipun saya belum berkesempatan makan disana, tapi berdasarkan info dari salah satu teman, tersedia baby chair yang jumlahnya masih terbatas, yaitu satu unit saja. Sayang banget kalau mesti rebutan baby chair. Padahal, Hokben ini menyediakan menu khusus anak-anak yang berlabel bebas penyedap.
Lokasi: Lantai 1 Mall Boemi Kedaton

Yukmain Moms and Kids Playground Cafe

Nah ini resto yang beneran kids friendly. Meskipun tempatnya rada mungil, tapi mengakomodasi mini playground untuk tempat bermain anak-anak. Menu yang disediakan pun sangat disesuaikan, baik bentuknya yang unyu maupun bahan-bahannya yang nggak pake micin. Saya kesini sewaktu ada acara komunitas Lampung Menggendong. Jadi, sembari ibu-ibu mengikuti acara di lantai 2, anak-anak bisa bermain di mini playground.
Lokasi: Jalan Wolter Monginsidi no 102. Dari turunan Hotel Emersia, sebelum Hotel Grand Praba

Rekomendasi ini saya buat berdasarkan kriteria subjektif. Kriteria utama ramah anak menurut saya adalah ketersediaan baby chair dan rasa masakan yang ‘selow’, nggak yang terlalu ‘nyegrak’ banget semisal ditambahkan penguat atau penyedap rasa. Kriteria lainnya, suasana yang saya rasakan saat berkunjung kesana. Nyaman dan mendukung suasana makan atau nggak. Bikin selera makan meningkat atau malah sebaliknya. Semakin scroll tulisan ke bawah, menunjukkan daftar restoran yang semakin oke keramahannya terhadap anak.

Nah, mengapa baby chair sangat penting? Toh kalau anak sudah bisa duduk tegap sendiri, duduk di kursi dewasa pun tidak masalah kan? Hm, menurut saya, meskipun sudah bisa duduk sendiri, kursi makan dewasa tidak cukup ergonomis untuk anak. Entah saat saya lengah atau nggak ngeh, khawatir saja anak 'ngejeblak' atau yang sejenisnya yang tentu tidak saya harapkan.

Buibu ada rekomendasi tempat makan ramah anak yang lain? Yuk, berbagi di kolom komentar, supaya bisa menambah khazanah kuliner saya. >.<

Semoga bermanfaat.



2 komentar:

  1. Bebek Slamet.. wkwkwk. Bebeknya enakk, empuk tapi ya gurih banget sih, hahaha. Rania doyan makan disitu. Ketersediaan baby chair aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huowww asik ada baby chairnya 😍 Baiklah insya Allah cus kesana klo kepengen bebek 😆

      Hapus