Kamis, 08 Februari 2018

When You Hear This and That Song

Pernah enggak ngerasain kalau lagu yang sedang kita dengar, berasa jadi our own personal soundtrack for some life event?

Kalau pernah, let's do the high five!

Sering banget soalnya ngerasa kayak gini. Padahal kenal sama composer lagunya aja enggak.

Entah emang saya yang lagi galau tingkat akut saat beberapa momen terjadi, lalu lagu yang saat itu sering saya dengar jadi terekam sangat lekat, atau?

Sebab yang lain mungkin ketika saya mendengar sebuah lagu yang melodinya ngena banget, lalu setelah saya telusuri, ternyata lirik lagu tersebut pas banget exactly seperti momen yang sedang saya alami.

Sebab yang lain lagi saya kurang kerjaan, terus ngedenger satu lagu sampai berpuluh-puluh kali. Sampai hafal melodi dan liriknya. Jadilah selalu teringat-ingat momen saat saya mendengar lagu tersebut terus-menerus.

Tulisan di atas saya maksudkan untuk semua genre lagu. Enggak cuma lagu sedih atau mellow saja ya.

Nah, iseng-iseng saya penasaran kenapa banyak orang-orang yang sedang sedih atau galau malah ngedengerin lagu-lagu yang nadanya menyayat hati alias lagu sedih.

Jawabannya?

Coba deh googling.

Kalau saya menyimpulkan, ngedenger lagu sedih saat kita sedih itu bikin kita makin sedih. Bahkan saking sedihnya sampai ngedengerin lagu pun bisa menitikkan air mata atau nangis kejer sekalian. Tapi, setelah itu? Ya udah, beres aja gitu sedihnya. Beres pas udahan ngedengerin lagunya. Akhirnya setelah itu bisa melanjutkan hidup. Meskipun mungkin masih sedih, tapi enggak banget-banget yang sampai bikin malas ngapa-ngapain.

Konklusi yang lain, ngedengerin lagu sedih terus tahu makna lirik lagunya, bikin kita berempati sama yang bikin lagu atau tokoh yang dimaksudkan dalam lagu itu. Emang ya, manusia. Senang kalau tahu dirinya enggak sendiri dalam suatu penderitaan. Rasa empati itu yang bikin kita melanjutkan hidup karena akhirnya sadar masalah kita sama seperti yang dimaksudkan di lagu yang kita dengarkan. Kita enggak sendiri. Bahkan mungkin kondisi kita lebih baik daripada yang diceritakan lagu itu.

Sekian.




Ps. Lagu yang lagi saya kangenin judulnya 'I can only give you love' salah satu soundtrack drama Korea yang hits banget di tahun 2015, Reply 1988.

#Onedayonepost
#ODOPbatch5

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar